Macam Kopi Robusta – Toko Pembuat Kopi di Wonokromo, Surabaya

Macam Kopi Robusta – Toko Pembuat Kopi di Wonokromo, Surabaya



Macam Kopi Robusta – Toko Pembuat Kopi di Wonokromo, Surabaya - Kendati kian ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, namun gak sedikit juga yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, dimulai dari varietasnya, area peraniannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walaupun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma serta flavour yang begitu beda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua telah tahu keistimewaan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang struktur butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran nilainya pula lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Macam Kopi Robusta – Toko Pembuat Kopi di Wonokromo, Surabaya


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di bermacam bagian bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa istimewa, berlainan di tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan tahan penyakit.

Adapun keistimewaan paling gamblang ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di hawa yang rendah, maka dapat lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pun beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah memahami dan merasakan beragam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak kafe yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi artikel di halaman Macam Kopi Robusta – Toko Pembuat Kopi di Wonokromo, Surabaya, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments