Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Kuripan, Barito Kuala

Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Kuripan, Barito Kuala


Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Kuripan, Barito Kuala - Biar semakin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimple itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai dari kelasnya, lokasi ditanamna, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walau pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh serta Toraja contohnya, memiliki aroma dan flavour yang berlainan.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia dan dipakai di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah mengetahui ke-khas-an dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai tatanan biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit namun mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran mutunya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Kuripan, Barito Kuala


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun kini di beragam belahan dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa khas, berlainan di tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal hama dan penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya gamblang yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, juga beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan beragam veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak Coffee shop yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabika.
Kendati begitu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi tulisan dalam blog Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Kuripan, Barito Kuala, moga-moga bermakna.

0 comments