Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Kios Pembuat Kopi Di Syamtalira Bayu, Aceh Utara

Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Kios Pembuat Kopi Di Syamtalira Bayu, Aceh Utara


Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Kios Pembuat Kopi Di Syamtalira Bayu, Aceh Utara - Walaupun semakin ramai penikmat kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, tetapi tak sedikit juga yang ternyata masih gak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dimulai dari kelasnya, tempat perkebunannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walaupun dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja contohnya, menyandang aroma dan flavour yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di sebagian besar warkop.

Tapi, apakah kalian semua sudah paham keunikan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang bentuk batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tidak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Kios Pembuat Kopi Di Syamtalira Bayu, Aceh Utara


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di berbagai belahan dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga kebal hama & penyakit.

Adapun kekhasan paling gamblang yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, hal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pun beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah memahami dan merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyajikan beragam variasi kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca informasi di website Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Kios Pembuat Kopi Di Syamtalira Bayu, Aceh Utara, moga-moga ada gunanya.

0 comments