Macam Produk Kopi Kapal Api – Jual Mesin Coffee Maker Di Danau Seluluk, Seruyan

Macam Produk Kopi Kapal Api – Jual Mesin Coffee Maker Di Danau Seluluk, Seruyan


Macam Produk Kopi Kapal Api – Jual Mesin Coffee Maker Di Danau Seluluk, Seruyan - Kendati kian berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, namun gak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesederhana itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai jenisnya, lokasi ditanamna, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walaupun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja misalnya, menyandang aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Kopi sendiri menyandang jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia serta digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua sudah paham keistimewaan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang tatanan butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran harganya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai timbul ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam Produk Kopi Kapal Api – Jual Mesin Coffee Maker Di Danau Seluluk, Seruyan


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di berbagai bagian bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna memiliki cita rasa spesial, berbeda di tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan hama.

Adapun ciri khas paling menonjol yakni peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di hawa rendah, maka bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah memahami dan merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak warung kopi yang menyediakan bermacam varian kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah membaca artikel di blog Macam Produk Kopi Kapal Api – Jual Mesin Coffee Maker Di Danau Seluluk, Seruyan, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments