Macam Rasa Kopi Indonesia – Jual Pembuat Kopi Di Kerumutan, Pelalawan

Macam Rasa Kopi Indonesia – Jual Pembuat Kopi Di Kerumutan, Pelalawan



Macam Rasa Kopi Indonesia – Jual Pembuat Kopi Di Kerumutan, Pelalawan - Walaupun semakin berlimpah penikmat kopi yang mengenali beragam tipe kopi, namun gak sedikit pula yang ternyata masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimple itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, mulai tipenya, area perkebunannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walau pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo serta Toraja misalnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di Indonesia dan digunakan di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah kalian semua telah mengetahui karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai rupa butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam Rasa Kopi Indonesia – Jual Pembuat Kopi Di Kerumutan, Pelalawan


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, namun saat ini di bermacam belahan dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan penyakit.

Adapun keunikan paling kentara ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, namun sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak kedai kopi yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi informasi di blog Macam Rasa Kopi Indonesia – Jual Pembuat Kopi Di Kerumutan, Pelalawan, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments