Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Rambut – Kios Pembuat Kopi di Pidie Jaya

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Rambut – Kios Pembuat Kopi di Pidie Jaya



Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Rambut – Kios Pembuat Kopi di Pidie Jaya - Meski makin ramai penikmat kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, namun tidak sedikit pula yang tampaknya masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimple itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, mulai tipenya, lokasi perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski pun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo dan Toraja misalnya, memiliki aroma serta citarasa yang berlainan.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa warung kopi.

Namun, apakah anda semua telah mengerti karakteristik dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki rupa bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran nilainya juga lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Rambut – Kios Pembuat Kopi di Pidie Jaya


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun saat ini di berbagai belahan dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa khas, berlainan di tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga kebal hama dan penyakit.

Adapun keunikan paling mencolok ialah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di suhu yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah memahami dan merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai Coffee shop yang menyediakan berbagai varian kopi Arabika.
Meski begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca tulisan di blog Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Rambut – Kios Pembuat Kopi di Pidie Jaya, semoga berguna.

0 comments