Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wanita – Toko Online Coffee Maker di Kartasura, Sukoharjo

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wanita – Toko Online Coffee Maker di Kartasura, Sukoharjo


Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wanita – Toko Online Coffee Maker di Kartasura, Sukoharjo - Meski makin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, tetapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, dari tipenya, kawasan penanamannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walaupun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh serta Toraja contohnya, memiliki aroma serta cita rasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di Indonesia serta digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah anda semua pernah tahu kekhasan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai bentuk batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit namun mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tidak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara yaitu Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wanita – Toko Online Coffee Maker di Kartasura, Sukoharjo


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di berbagai belahan dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna memiliki cita rasa khas, berbeda di tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta tahan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya menonjol yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, hal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyediakan berbagai varian kopi Arabica.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah membaca risalah di web Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wanita – Toko Online Coffee Maker di Kartasura, Sukoharjo, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments