Manfaat Kopi Hijau – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Seluma Timur, Seluma

Manfaat Kopi Hijau – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Seluma Timur, Seluma


Manfaat Kopi Hijau – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Seluma Timur, Seluma - Kendati semakin banyak pecinta kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, namun tidak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, dari jenisnya, area peraniannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, kendati dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Namun, apakah kalian semua sudah paham ke-khas-an dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai rupa batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit akan tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tidak heran mutunya pula lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Seluma Timur, Seluma


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi masa ini di beragam bagian dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa khas, berbeda di setiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga tahan hama & penyakit.

Adapun kekhasan paling jelas adalah taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah memahami serta merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya kian banyak warung kopi yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Kendati begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi tulisan di web Manfaat Kopi Hijau – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Seluma Timur, Seluma, moga-moga ada gunanya.

0 comments