Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Nabire

Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Nabire



Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Nabire - Walaupun semakin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, dari jenisnya, area peraniannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walaupun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan digunakan di beberapa warkop.

Tapi, apakah kamu semua pernah paham karakter dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki tatanan biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit namun mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran nilainya pun lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Nabire


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di berbagai bagian bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan resistan penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya menonjol yaitu taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi macam ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah memahami dan merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyajikan beragam varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi artikel di web Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Nabire, moga-moga bermanfaat.

0 comments