Manfaat Kopi Robusta Untuk Wajah – Penjual Pembuat Kopi Di Merdeka, Karo

Manfaat Kopi Robusta Untuk Wajah – Penjual Pembuat Kopi Di Merdeka, Karo



Manfaat Kopi Robusta Untuk Wajah – Penjual Pembuat Kopi Di Merdeka, Karo - Walaupun kian ramai pecinta kopi yang mengenali beragam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimple itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai dari jenisnya, lokasi ditanamna, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, biar pun berjenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja contohnya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah anda semua telah tahu keunikan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki bentuk bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang wangi semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran nilainya pun lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air yaitu Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta Untuk Wajah – Penjual Pembuat Kopi Di Merdeka, Karo


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di berbagai bagian bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan hama & penyakit.

Adapun keunikan setidaknya kentara ialah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengenal serta merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai warung kopi yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi tulisan di halaman Manfaat Kopi Robusta Untuk Wajah – Penjual Pembuat Kopi Di Merdeka, Karo, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments