Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Kulit – Kios Pembuat Kopi Di Dukuhseti, Pati

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Kulit – Kios Pembuat Kopi Di Dukuhseti, Pati


Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Kulit – Kios Pembuat Kopi Di Dukuhseti, Pati - Walaupun makin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, namun gak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, dimulai dari varietasnya, lokasi peraniannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja contohnya, memiliki aroma serta flavour yang berlainan.

Kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah kalian semua pernah mengetahui keistimewaan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang tatanan bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit namun mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran nilainya pula jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Kulit – Kios Pembuat Kopi Di Dukuhseti, Pati


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi saat ini di beragam bagian bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena menyandang cita rasa istimewa, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan paling gamblang ialah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di hawa rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah memahami serta merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak Coffee shop yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabica.
Meski seperti itu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi artikel di blog Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Kulit – Kios Pembuat Kopi Di Dukuhseti, Pati, moga-moga bermakna.

0 comments