Manfaat Kopi Untuk Kulit Kepala – Penjual Pembuat Kopi di Pesisir Utara, Pesisir Barat

Manfaat Kopi Untuk Kulit Kepala – Penjual Pembuat Kopi di Pesisir Utara, Pesisir Barat



Manfaat Kopi Untuk Kulit Kepala – Penjual Pembuat Kopi di Pesisir Utara, Pesisir Barat - Walaupun makin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, tetapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimple itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai dari kelasnya, lokasi penanamannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, kendati berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja misalnya, menyandang aroma dan citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di tanah air serta digunakan di sebagian besar warkop.

Namun, apakah kalian semua sudah paham keistimewaan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai rupa butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran nilainya pula jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air ialah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Manfaat Kopi Untuk Kulit Kepala – Penjual Pembuat Kopi di Pesisir Utara, Pesisir Barat


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di bermacam bagian dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta resistan hama dan penyakit.

Adapun keunikan setidaknya kentara ialah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam setahun, hal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, maka dapat cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah memahami dan merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak kafe yang menyediakan beragam varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca risalah dalam web Manfaat Kopi Untuk Kulit Kepala – Penjual Pembuat Kopi di Pesisir Utara, Pesisir Barat, semoga bermanfaat.

0 comments