Membuat Kopi Dengan French Press – Online Shop Mesin Coffee Maker di Sumobito, Jombang

Membuat Kopi Dengan French Press – Online Shop Mesin Coffee Maker di Sumobito, Jombang


Membuat Kopi Dengan French Press – Online Shop Mesin Coffee Maker di Sumobito, Jombang - Biar semakin ramai pecinta kopi yang menandai bermacam tipe kopi, tetapi gak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dari jenisnya, area perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, walau pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja contohnya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia dan digunakan di beberapa warkop.

Tetapi, apakah anda semua pernah mengerti keistimewaan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki bentuk bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit akan tetapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang harum serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tak heran harganya pun lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Membuat Kopi Dengan French Press – Online Shop Mesin Coffee Maker di Sumobito, Jombang


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di berbagai bagian dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang spesial, berlainan di tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan resistan hama dan penyakit.

Adapun keunikan paling menonjol adalah taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, perihal ini karena ditanam di suhu rendah, maka dapat lekas panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengenal serta merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai Coffee shop yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah membaca artikel dalam blog Membuat Kopi Dengan French Press – Online Shop Mesin Coffee Maker di Sumobito, Jombang, moga-moga ada gunanya.

0 comments