Membuat Kopi Enak Sendiri – Toko Online Coffee Maker di Argomulyo, Salatiga

Membuat Kopi Enak Sendiri – Toko Online Coffee Maker di Argomulyo, Salatiga


Membuat Kopi Enak Sendiri – Toko Online Coffee Maker di Argomulyo, Salatiga - Meski kian banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, namun tidak sedikit pula yang ternyata masih tak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, dari tipenya, tempat peraniannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, biar pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah anda semua pernah mengetahui keunikan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang wujud biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Membuat Kopi Enak Sendiri – Toko Online Coffee Maker di Argomulyo, Salatiga


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di beragam belahan bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa spesial, berbeda di tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga kebal penyakit dan hama.

Adapun kekhasan paling jelas ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di hawa yang rendah, maka bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya makin banyak warung kopi yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabika.
Kendati begitu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi tulisan di website Membuat Kopi Enak Sendiri – Toko Online Coffee Maker di Argomulyo, Salatiga, moga-moga bermakna.

0 comments