Membuat Kopi Hitam Enak – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Bumi Waras, Bandar Lampung

Membuat Kopi Hitam Enak – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Bumi Waras, Bandar Lampung



Membuat Kopi Hitam Enak – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Bumi Waras, Bandar Lampung - Walaupun makin berlimpah penikmat kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, tapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesederhana itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dari tipenya, tempat perkebunannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena itu, walau pun berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah mengerti karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki rupa bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Hitam Enak – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Bumi Waras, Bandar Lampung


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di bermacam belahan bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa istimewa, berlainan di tiap-tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan kebal hama.

Adapun kekhasan paling gamblang yakni taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, namun sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di suhu rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, juga sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai Coffee shop yang menyediakan bermacam varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi informasi dalam blog Membuat Kopi Hitam Enak – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Bumi Waras, Bandar Lampung, semoga berpengaruh.

0 comments