Membuat Lulur Kopi Sendiri – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Belitang Jaya, OKU Timur

Membuat Lulur Kopi Sendiri – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Belitang Jaya, OKU Timur


Membuat Lulur Kopi Sendiri – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Belitang Jaya, OKU Timur - Biar makin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, mulai dari varietasnya, tempat penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, biar pun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja umpamanya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di negeri ini serta digunakan di beberapa warkop.

Namun, apakah kamu semua pernah paham karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai tatanan biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tak heran harganya juga lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Lulur Kopi Sendiri – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Belitang Jaya, OKU Timur


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di berbagai belahan dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang khas, berbeda di setiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta resistan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya jelas yakni peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di hawa rendah, maka bisa cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pula beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak warung kopi yang menyajikan beraneka varian kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi tulisan di web Membuat Lulur Kopi Sendiri – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Belitang Jaya, OKU Timur, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments