Meracik Kopi Ala Barista – Jual Pembuat Kopi Di Bandongan, Magelang

Meracik Kopi Ala Barista – Jual Pembuat Kopi Di Bandongan, Magelang



Meracik Kopi Ala Barista – Jual Pembuat Kopi Di Bandongan, Magelang - Meski semakin berlimpah penikmat kopi yang menandai beragam tipe kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang ternyata masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimple itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai dari varietasnya, tempat perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, meski pun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma serta citarasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di negeri ini serta digunakan di beberapa coffee shop.

Namun, apakah kamu semua pernah mengerti keunikan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang tatanan butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tetapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Ala Barista – Jual Pembuat Kopi Di Bandongan, Magelang


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun kini di berbagai bagian bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus paling mencolok adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tetapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di hawa rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pun beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak kedai kopi yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabica.
Kendati demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah membaca informasi dalam web Meracik Kopi Ala Barista – Jual Pembuat Kopi Di Bandongan, Magelang, mudah-mudahan berguna.

0 comments