Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Online Shop Coffee Maker di Sukanagara, Cianjur

Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Online Shop Coffee Maker di Sukanagara, Cianjur


Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Online Shop Coffee Maker di Sukanagara, Cianjur - Walaupun semakin banyak penikmat kopi yang menandai beragam jenis kopi, tetapi tak sedikit juga yang ternyata masih gak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesederhana itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, mulai dari tipenya, daerah penanamannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, biar pun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma serta citarasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua pernah paham ke-khas-an dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang rupa butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit akan tetapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tak heran nilainya pun lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini yaitu Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Online Shop Coffee Maker di Sukanagara, Cianjur


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di bermacam bagian dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa spesial, berlainan di tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga kebal hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan paling jelas yaitu tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di hawa rendah, maka dapat lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pula sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengenal dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya makin banyak warung kopi yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi risalah dalam halaman Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Online Shop Coffee Maker di Sukanagara, Cianjur, moga-moga bermakna.

0 comments