Prosedur Membuat Kopi Tubruk – Penjual Pembuat Kopi di Pamijahan, Bogor

Prosedur Membuat Kopi Tubruk – Penjual Pembuat Kopi di Pamijahan, Bogor


Prosedur Membuat Kopi Tubruk – Penjual Pembuat Kopi di Pamijahan, Bogor - Walaupun semakin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, tapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih tak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, mulai jenisnya, area penanamannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walaupun dengan jenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di Indonesia serta digunakan di beberapa coffee shop.

Namun, apakah kalian semua sudah mengetahui keistimewaan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai bentuk bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran nilainya pula lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Prosedur Membuat Kopi Tubruk – Penjual Pembuat Kopi di Pamijahan, Bogor


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di bermacam belahan bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang istimewa, berbeda di setiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta resistan penyakit.

Adapun kekhasan paling mencolok adalah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di suhu rendah, sehingga dapat cepat panen" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, pun sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengenal serta merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca informasi dalam website Prosedur Membuat Kopi Tubruk – Penjual Pembuat Kopi di Pamijahan, Bogor, mudah-mudahan berguna.

0 comments