Resep Membuat Kopi Tanpa Ampas – Kios Mesin Pembuat Kopi di Pucuk, Lamongan

Resep Membuat Kopi Tanpa Ampas – Kios Mesin Pembuat Kopi di Pucuk, Lamongan



Resep Membuat Kopi Tanpa Ampas – Kios Mesin Pembuat Kopi di Pucuk, Lamongan - Meski kian ramai penikmat kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimple itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, area peraniannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia dan digunakan di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah anda semua sudah tahu ke-khas-an dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang tatanan butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran harganya pun lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Resep Membuat Kopi Tanpa Ampas – Kios Mesin Pembuat Kopi di Pucuk, Lamongan


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di bermacam belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan hama dan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya jelas yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, namun susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pula sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah memahami dan merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyediakan beragam varian kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi risalah di website Resep Membuat Kopi Tanpa Ampas – Kios Mesin Pembuat Kopi di Pucuk, Lamongan, semoga ada manfaatnya.

0 comments