Resep Membuat Kopi Tubruk – Penjual Pembuat Kopi di Aceh Tengah

Resep Membuat Kopi Tubruk – Penjual Pembuat Kopi di Aceh Tengah



Resep Membuat Kopi Tubruk – Penjual Pembuat Kopi di Aceh Tengah - Biar makin berlimpah penikmat kopi yang menandai beragam jenis kopi, namun tak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, dimulai dari kelasnya, kawasan peraniannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja contohnya, mempunyai aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di negeri ini serta digunakan di beberapa warung kopi.

Namun, apakah anda semua sudah tahu karakteristik dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai wujud butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang wangi serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Resep Membuat Kopi Tubruk – Penjual Pembuat Kopi di Aceh Tengah


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun kini di bermacam bagian bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan penyakit & hama.

Adapun ciri khas paling menonjol ialah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian banyak kedai kopi yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabica.
Meski seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah membaca informasi di blog Resep Membuat Kopi Tubruk – Penjual Pembuat Kopi di Aceh Tengah, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments