Teknik Membuat Kopi Yang Enak – Toko Online Coffee Maker di Jati, Kudus

Teknik Membuat Kopi Yang Enak – Toko Online Coffee Maker di Jati, Kudus



Teknik Membuat Kopi Yang Enak – Toko Online Coffee Maker di Jati, Kudus - Meski semakin banyak penikmat kopi yang menandai beragam tipe kopi, tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesederhana itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, dimulai dari kelasnya, area penanamannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walaupun dengan jenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan citarasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua telah mengerti kekhasan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki struktur butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit namun menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran mutunya juga lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Teknik Membuat Kopi Yang Enak – Toko Online Coffee Maker di Jati, Kudus


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi masa ini di bermacam bagian dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan kebal hama.

Adapun ciri khas paling gamblang adalah taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, maka bisa cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak kafe yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi artikel dalam halaman Teknik Membuat Kopi Yang Enak – Toko Online Coffee Maker di Jati, Kudus, moga-moga ada gunanya.

0 comments