Tips Membuat Kopi Tanpa Ampas – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Tumbang Titi, Ketapang

Tips Membuat Kopi Tanpa Ampas – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Tumbang Titi, Ketapang


Tips Membuat Kopi Tanpa Ampas – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Tumbang Titi, Ketapang - Biar kian ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, tapi gak sedikit pula yang nyatanya masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimple itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, mulai varietasnya, tempat ditanamna, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walau pun dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja contohnya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua pernah paham karakter dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai tatanan bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran kualitasnya pun lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak timbul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Tips Membuat Kopi Tanpa Ampas – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Tumbang Titi, Ketapang


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di beragam bagian bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan penyakit dan hama.

Adapun ciri khas paling mencolok yaitu peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, hal ini karena ditanam di hawa rendah, sehingga dapat lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengetahui serta merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyediakan berbagai varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi risalah dalam blog Tips Membuat Kopi Tanpa Ampas – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Tumbang Titi, Ketapang, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments