10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Kios Mesin Coffee Maker Di Bojongsoang, Bandung

10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Kios Mesin Coffee Maker Di Bojongsoang, Bandung


10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Kios Mesin Coffee Maker Di Bojongsoang, Bandung - Walaupun kian ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, dari varietasnya, area peraniannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, kendati berjenis serupa, citarasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma serta citarasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah anda semua telah mengetahui keistimewaan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang tatanan bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tetapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran harganya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Kios Mesin Coffee Maker Di Bojongsoang, Bandung


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun kini di beragam bagian dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang istimewa, berlainan di setiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan paling menonjol yaitu peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, namun sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam satu tahun, perihal ini lantaran ditanam di hawa rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengenal dan merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya kian banyak kafe yang menyediakan berbagai varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca tulisan di website 10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Kios Mesin Coffee Maker Di Bojongsoang, Bandung, moga-moga bermanfaat.

0 comments