Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Online Shop Coffee Maker Di Tanjung Mutiara, Agam

Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Online Shop Coffee Maker Di Tanjung Mutiara, Agam


Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Online Shop Coffee Maker Di Tanjung Mutiara, Agam - Walaupun kian berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, tapi tak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai jenisnya, kawasan penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo dan Toraja contohnya, memiliki aroma serta flavour yang berbeda.

Biji kopi sendiri menyandang verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warkop.

Namun, apakah kamu semua pernah mengerti keistimewaan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai wujud biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tetapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran harganya pun lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai muncul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Online Shop Coffee Maker Di Tanjung Mutiara, Agam


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi masa ini di berbagai bagian dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang spesial, berlainan di setiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan resistan hama dan penyakit.

Adapun ciri khas paling eksplisit ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah memahami dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin ramai Coffee shop yang menyajikan beraneka varian kopi Arabica.
Kendati demikian, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah membaca tulisan di website Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Online Shop Coffee Maker Di Tanjung Mutiara, Agam, semoga bermanfaat.

0 comments