Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Buru

Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Buru


Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Buru - Kendati semakin banyak pecinta kopi yang menandai beragam tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai kelasnya, kawasan penanamannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, walaupun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia serta digunakan di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah anda semua pernah tahu kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai struktur bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara yaitu Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Buru


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi kini di beragam belahan bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang khas, berbeda di setiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga resistan penyakit & hama.

Adapun ciri khas setidaknya jelas ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di hawa rendah, maka bisa lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pun sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai kedai kopi yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabika.
Kendati begitu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca artikel dalam website Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Buru, moga-moga bermakna.

0 comments