Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Pemali, Bangka

Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Pemali, Bangka


Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Pemali, Bangka - Biar kian banyak penikmat kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang ternyata masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai dari tipenya, kawasan perkebunannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma serta citarasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di tanah air serta dipakai di beberapa warkop.

Tapi, apakah kalian semua pernah mengerti karakteristik dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai bentuk bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara adalah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Pemali, Bangka


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di berbagai belahan bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya gamblang ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, namun sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam setahun, hal ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat lekas panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, juga beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengenal serta merasakan beragam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyediakan beragam variasi kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca tulisan di halaman Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Pemali, Bangka, semoga bermakna.

0 comments