Cara Membuat Kopi Tubruk Nikmat – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Bonatua Lunasi, Toba Samosir

Cara Membuat Kopi Tubruk Nikmat – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Bonatua Lunasi, Toba Samosir


Cara Membuat Kopi Tubruk Nikmat – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Bonatua Lunasi, Toba Samosir - Kendati kian banyak penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, namun gak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, mulai dari kelasnya, area ditanamna, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Itu sebabnya, kendati dengan jenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang ada di negeri ini dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah kamu semua telah mengetahui keunikan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki bentuk butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit akan tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang wangi semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tak heran mutunya pula lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini adalah Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Tubruk Nikmat – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Bonatua Lunasi, Toba Samosir


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di bermacam belahan bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang khas, berlainan di tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta kebal penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya kentara adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam setahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah memahami serta merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai warung kopi yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi tulisan dalam halaman Cara Membuat Kopi Tubruk Nikmat – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Bonatua Lunasi, Toba Samosir, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments