Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Benar – Kios Coffee Maker Di Donggala

Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Benar – Kios Coffee Maker Di Donggala



Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Benar – Kios Coffee Maker Di Donggala - Meski semakin ramai penikmat kopi yang menandai berbagai tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai varietasnya, tempat ditanamna, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, meski berjenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja umpamanya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang ada di negeri ini serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tetapi, apakah anda semua telah mengetahui kekhasan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai wujud batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun semestinya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang harum serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Benar – Kios Coffee Maker Di Donggala


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di beragam belahan bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa istimewa, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga kebal penyakit dan hama.

Adapun keunikan paling kentara yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini lantaran ditanam di hawa rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, juga sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengenal serta merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya kian ramai Coffee shop yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah membaca tulisan dalam website Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Benar – Kios Coffee Maker Di Donggala, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments