Cara Meracik Kopi Enak – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Angsana, Tanah Bumbu

Cara Meracik Kopi Enak – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Angsana, Tanah Bumbu


Cara Meracik Kopi Enak – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Angsana, Tanah Bumbu - Meski kian ramai penikmat kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari tipenya, area peraniannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walaupun dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma serta flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang ada di Indonesia serta digunakan di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah tahu karakteristik dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai struktur butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Enak – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Angsana, Tanah Bumbu


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di berbagai bagian dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan kebal penyakit & hama.

Adapun keunikan paling kentara adalah peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, namun susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam setahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengenal serta merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyajikan bermacam varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi tulisan di web Cara Meracik Kopi Enak – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Angsana, Tanah Bumbu, moga-moga berguna.

0 comments