Jenis Bibit Kopi Arabika – Penjual Mesin Coffee Maker di Barumun Tengah, Padang Lawas

Jenis Bibit Kopi Arabika – Penjual Mesin Coffee Maker di Barumun Tengah, Padang Lawas



Jenis Bibit Kopi Arabika – Penjual Mesin Coffee Maker di Barumun Tengah, Padang Lawas - Walaupun semakin banyak penikmat kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, dari kelasnya, area ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja misalnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di tanah air serta digunakan di beberapa warkop.

Namun, apakah kamu semua sudah mengerti kekhasan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki bentuk butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran harganya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Bibit Kopi Arabika – Penjual Mesin Coffee Maker di Barumun Tengah, Padang Lawas


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di bermacam bagian dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di tiap-tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan hama dan penyakit.

Adapun keunikan setidaknya menonjol ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini lantaran ditanam di hawa rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pula sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengenal dan merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai kafe yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi tulisan di blog Jenis Bibit Kopi Arabika – Penjual Mesin Coffee Maker di Barumun Tengah, Padang Lawas, moga-moga ada gunanya.

0 comments