Jenis Biji Kopi Robusta – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Rahuning, Asahan

Jenis Biji Kopi Robusta – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Rahuning, Asahan



Jenis Biji Kopi Robusta – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Rahuning, Asahan - Walaupun semakin berlimpah pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang ternyata masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, dari jenisnya, tempat ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo serta Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma serta flavour yang begitu beda.

Biji kopi sendiri menyandang verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang ada di negeri ini serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tetapi, apakah anda semua telah paham keunikan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang rupa batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit akan tetapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang harum semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak timbul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Biji Kopi Robusta – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Rahuning, Asahan


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di berbagai belahan bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di setiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga kebal penyakit.

Adapun kekhasan paling eksplisit yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, namun sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat cepat panen" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pun sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah memahami serta merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai kedai kopi yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabika.
Meski begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca informasi di website Jenis Biji Kopi Robusta – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Rahuning, Asahan, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments