Jenis Biji Kopi Robusta – Online Shop Coffee Maker Di Cigombong, Bogor

Jenis Biji Kopi Robusta – Online Shop Coffee Maker Di Cigombong, Bogor



Jenis Biji Kopi Robusta – Online Shop Coffee Maker Di Cigombong, Bogor - Meski semakin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, dari jenisnya, tempat peraniannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, biar pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo serta Tana Toraja misalnya, menyandang aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Kopi sendiri memiliki jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah kamu semua pernah mengetahui ke-khas-an dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang rupa batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit akan tetapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tidak heran mutunya pun lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak timbul ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Biji Kopi Robusta – Online Shop Coffee Maker Di Cigombong, Bogor


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun saat ini di berbagai bagian dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga tahan hama.

Adapun keunikan paling eksplisit yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengenal serta merasakan beragam veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak kedai kopi yang menyediakan beraneka varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi risalah di web Jenis Biji Kopi Robusta – Online Shop Coffee Maker Di Cigombong, Bogor, semoga berguna.

0 comments