Jenis Klon Kopi Robusta – Online Shop Coffee Maker Di Air Hangat Barat, Kerinci

Jenis Klon Kopi Robusta – Online Shop Coffee Maker Di Air Hangat Barat, Kerinci



Jenis Klon Kopi Robusta – Online Shop Coffee Maker Di Air Hangat Barat, Kerinci - Meski kian berlimpah penikmat kopi yang menandai berbagai jenis kopi, tapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, daerah ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walau pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo dan Toraja contohnya, memiliki aroma dan cita rasa yang berlainan.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia dan digunakan di beberapa coffee shop.

Namun, apakah kalian semua telah tahu karakteristik dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai tatanan biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit namun menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran kualitasnya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Klon Kopi Robusta – Online Shop Coffee Maker Di Air Hangat Barat, Kerinci


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi masa ini di berbagai bagian bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang khas, berlainan di tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan resistan hama & penyakit.

Adapun ciri khusus paling gamblang yaitu peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi macam ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, perihal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, maka dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pula beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah memahami dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak kafe yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabica.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi tulisan dalam blog Jenis Klon Kopi Robusta – Online Shop Coffee Maker Di Air Hangat Barat, Kerinci, semoga ada manfaatnya.

0 comments