Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Onlineshop Pembuat Kopi di Butuh, Purworejo

Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Onlineshop Pembuat Kopi di Butuh, Purworejo


Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Onlineshop Pembuat Kopi di Butuh, Purworejo - Meski makin banyak penikmat kopi yang menandai berbagai jenis kopi, namun gak sedikit juga yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, mulai dari jenisnya, area perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma dan cita rasa yang berbeda.

Kopi sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah kamu semua pernah tahu keistimewaan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai struktur batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran mutunya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Onlineshop Pembuat Kopi di Butuh, Purworejo


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi saat ini di berbagai bagian bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang spesial, berlainan di setiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan resistan penyakit dan hama.

Adapun keunikan setidaknya mencolok adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, namun sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam setahun, perihal ini karna ditanam di suhu yang rendah, maka bisa lekas panen" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyediakan beragam variasi kopi Arabika.
Meski begitu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah menyambangi informasi di website Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Onlineshop Pembuat Kopi di Butuh, Purworejo, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments