Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Penjual Mesin Coffee Maker di Molibagu

Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Penjual Mesin Coffee Maker di Molibagu


Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Penjual Mesin Coffee Maker di Molibagu - Biar makin banyak penikmat kopi yang menandai beragam jenis kopi, tetapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dimulai dari jenisnya, area ditanamna, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walaupun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh serta Toraja misalnya, menyandang aroma serta cita rasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di tanah air serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua telah tahu ke-khas-an dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang struktur bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit akan tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran mutunya juga lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Penjual Mesin Coffee Maker di Molibagu


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun sekarang di berbagai bagian dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di setiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan tahan penyakit & hama.

Adapun ciri khas paling gamblang yaitu tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, namun sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di hawa rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pula sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Kendati begitu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi informasi di website Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Penjual Mesin Coffee Maker di Molibagu, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments