Jenis Kopi Arabika Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi di Taman Sari, Pangkal Pinang

Jenis Kopi Arabika Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi di Taman Sari, Pangkal Pinang


Jenis Kopi Arabika Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi di Taman Sari, Pangkal Pinang - Kendati makin ramai pecinta kopi yang menandai beragam tipe kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pait, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimpel itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, dimulai dari varietasnya, area perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, walau pun berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja contohnya, menyandang aroma dan cita rasa yang berlainan.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah anda semua telah paham karakter dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang struktur butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Arabika Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi di Taman Sari, Pangkal Pinang


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di bermacam belahan dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa spesial, berbeda di tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan resistan hama dan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya menonjol ialah peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa lekas panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pun beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengenal serta merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian banyak kafe yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabica.
Meski seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah membaca artikel di web Jenis Kopi Arabika Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi di Taman Sari, Pangkal Pinang, semoga bermakna.

0 comments