Jenis Kopi Bali – Toko Online Pembuat Kopi Di Cidolog, Ciamis

Jenis Kopi Bali – Toko Online Pembuat Kopi Di Cidolog, Ciamis



Jenis Kopi Bali – Toko Online Pembuat Kopi Di Cidolog, Ciamis - Walaupun semakin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, namun gak sedikit juga yang nyatanya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesederhana itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, dari tipenya, daerah perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, meski pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo dengan Toraja umpamanya, menyandang aroma dan citarasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di Indonesia serta digunakan di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah mengerti karakteristik dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang bentuk biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tetapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran mutunya pula lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air yakni Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Bali – Toko Online Pembuat Kopi Di Cidolog, Ciamis


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di bermacam belahan bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga tahan penyakit & hama.

Adapun ciri khusus paling eksplisit adalah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah memahami serta merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak Coffee shop yang menyajikan beragam variasi kopi Arabica.
Kendati demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah membaca artikel di blog Jenis Kopi Bali – Toko Online Pembuat Kopi Di Cidolog, Ciamis, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments