Jenis Kopi Di Toraja – Toko Online Coffee Maker di Way Tuba, Way Kanan

Jenis Kopi Di Toraja – Toko Online Coffee Maker di Way Tuba, Way Kanan


Jenis Kopi Di Toraja – Toko Online Coffee Maker di Way Tuba, Way Kanan - Meski semakin ramai penikmat kopi yang menandai beragam tipe kopi, tapi tak sedikit juga yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dimulai dari varietasnya, tempat ditanamna, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Itu sebabnya, meski dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah anda semua telah tahu keistimewaan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki struktur butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak timbul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Di Toraja – Toko Online Coffee Maker di Way Tuba, Way Kanan


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di berbagai belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang spesial, berlainan di setiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan resistan penyakit.

Adapun ciri khas paling mencolok yaitu taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah memahami serta merasakan beragam tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak kafe yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabica.
Kendati begitu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi informasi di blog Jenis Kopi Di Toraja – Toko Online Coffee Maker di Way Tuba, Way Kanan, semoga bermanfaat.

0 comments