Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Toko Online Coffee Maker di Prambanan, Sleman

Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Toko Online Coffee Maker di Prambanan, Sleman



Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Toko Online Coffee Maker di Prambanan, Sleman - Meski makin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang ternyata masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, dimulai dari tipenya, kawasan perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, biar pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma dan citarasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di Indonesia dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Namun, apakah anda semua pernah tahu kekhasan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki tatanan batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran mutunya pun lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air yakni Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Toko Online Coffee Maker di Prambanan, Sleman


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di beragam belahan dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna menyandang cita rasa istimewa, berbeda di setiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta kebal penyakit & hama.

Adapun kekhasan paling mencolok yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, namun susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam setahun, perihal ini lantaran ditanam di suhu rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pula beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah memahami serta merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai warung kopi yang menyajikan beragam variasi kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca tulisan di blog Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Toko Online Coffee Maker di Prambanan, Sleman, semoga ada gunanya.

0 comments