Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Bolaang Mongondow Utara

Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Bolaang Mongondow Utara



Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Bolaang Mongondow Utara - Kendati semakin berlimpah penikmat kopi yang menandai bermacam tipe kopi, tetapi tak sedikit pula yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, tempat penanamannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma dan citarasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah mengetahui karakteristik dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki struktur bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit namun mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang wangi serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Bolaang Mongondow Utara


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di berbagai belahan bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan penyakit & hama.

Adapun ciri khas setidaknya kentara yakni tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karna ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa cepat panen" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengetahui serta merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak warung kopi yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi artikel di website Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Bolaang Mongondow Utara, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments