Jenis Kopi Robusta – Jual Pembuat Kopi di Rimbo Bujang, Tebo

Jenis Kopi Robusta – Jual Pembuat Kopi di Rimbo Bujang, Tebo


Jenis Kopi Robusta – Jual Pembuat Kopi di Rimbo Bujang, Tebo - Kendati makin berlimpah pecinta kopi yang menandai bermacam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, mulai jenisnya, area ditanamna, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walaupun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di Indonesia serta digunakan di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua telah mengetahui karakter dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki wujud biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran nilainya pula lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta – Jual Pembuat Kopi di Rimbo Bujang, Tebo


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun kini di berbagai belahan bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan hama dan penyakit.

Adapun ciri khas paling menonjol adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, namun susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam setahun, perihal ini karna ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai kafe yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi risalah dalam web Jenis Kopi Robusta – Jual Pembuat Kopi di Rimbo Bujang, Tebo, mudah-mudahan bermakna.

0 comments