Jenis Kopi Selain Arabika Dan Robusta – Toko Mesin Coffee Maker Di Bojong, Pekalongan

Jenis Kopi Selain Arabika Dan Robusta – Toko Mesin Coffee Maker Di Bojong, Pekalongan



Jenis Kopi Selain Arabika Dan Robusta – Toko Mesin Coffee Maker Di Bojong, Pekalongan - Kendati semakin ramai penikmat kopi yang mengenali beragam jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai dari varietasnya, daerah penanamannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, walau pun berjenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang berlainan.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di tanah air dan dipakai di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah kamu semua telah tahu kekhasan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai wujud batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit akan tetapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang harum serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran harganya pun lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Selain Arabika Dan Robusta – Toko Mesin Coffee Maker Di Bojong, Pekalongan


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi kini di beragam belahan dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di setiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta resistan hama.

Adapun ciri khas setidaknya kentara ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pula beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak kafe yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi artikel di website Jenis Kopi Selain Arabika Dan Robusta – Toko Mesin Coffee Maker Di Bojong, Pekalongan, moga-moga berpengaruh.

0 comments