Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi di Ciasem, Subang

Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi di Ciasem, Subang



Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi di Ciasem, Subang - Kendati makin banyak penikmat kopi yang menandai beragam jenis kopi, tetapi tak sedikit juga yang ternyata masih tak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dari kelasnya, daerah peraniannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo dan Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma dan flavour yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di Indonesia serta digunakan di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah kamu semua pernah tahu ke-khas-an dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang tatanan butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit namun memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tak heran mutunya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia yaitu Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi di Ciasem, Subang


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di beragam bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena memiliki cita rasa istimewa, berlainan di tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga resistan hama.

Adapun ciri khusus paling menonjol adalah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di hawa yang rendah, maka bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pula sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyediakan beraneka varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi tulisan di blog Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi di Ciasem, Subang, semoga berguna.

0 comments