Jenis Kopi Untuk Diet – Onlineshop Coffee Maker di Perak Utara

Jenis Kopi Untuk Diet – Onlineshop Coffee Maker di Perak Utara


Jenis Kopi Untuk Diet – Onlineshop Coffee Maker di Perak Utara - Meski semakin berlimpah pecinta kopi yang mengenali beragam jenis kopi, tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimple itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, dari jenisnya, area perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma serta flavour yang begitu beda.

Kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di beberapa warkop.

Tetapi, apakah kamu semua telah paham keunikan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki tatanan bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena hama karat daun terpenting kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran nilainya pula jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air yaitu Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Untuk Diet – Onlineshop Coffee Maker di Perak Utara


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi saat ini di beragam belahan bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena menyandang cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga resistan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya jelas yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak kafe yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabica.
Kendati demikian, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah membaca artikel di blog Jenis Kopi Untuk Diet – Onlineshop Coffee Maker di Perak Utara, semoga berpengaruh.

0 comments