Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Kios Coffee Maker di Cingambul, Majalengka

Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Kios Coffee Maker di Cingambul, Majalengka


Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Kios Coffee Maker di Cingambul, Majalengka - Meski makin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, tetapi tak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, mulai dari varietasnya, tempat perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, walaupun dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah paham ke-khas-an dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang wujud butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun semestinya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak timbul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Kios Coffee Maker di Cingambul, Majalengka


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di berbagai bagian bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang spesial, berbeda di tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga kebal penyakit.

Adapun keistimewaan paling jelas ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di hawa rendah, sehingga bisa lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengenal serta merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian ramai Coffee shop yang menyajikan beraneka varian kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca tulisan dalam website Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Kios Coffee Maker di Cingambul, Majalengka, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments