Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Toko Mesin Coffee Maker di Singajaya, Garut

Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Toko Mesin Coffee Maker di Singajaya, Garut


Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Toko Mesin Coffee Maker di Singajaya, Garut - Biar semakin banyak pecinta kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, namun tidak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai kelasnya, daerah peraniannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, biar pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo serta Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta cita rasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah kalian semua telah mengetahui kekhasan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki rupa batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Toko Mesin Coffee Maker di Singajaya, Garut


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di beragam belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena memiliki cita rasa spesial, berbeda di tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal penyakit.

Adapun ciri khas paling mencolok adalah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang enak, namun susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah memahami dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak warung kopi yang menyediakan beragam variasi kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi risalah dalam website Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Toko Mesin Coffee Maker di Singajaya, Garut, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments