Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Sindangkerta, Bandung Barat

Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Sindangkerta, Bandung Barat


Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Sindangkerta, Bandung Barat - Walaupun makin ramai pecinta kopi yang menandai berbagai tipe kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai jenisnya, daerah peraniannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo dan Toraja misalnya, memiliki aroma serta citarasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di negeri ini serta digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah kamu semua pernah mengetahui keistimewaan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai bentuk batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran nilainya pula lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini yakni kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Sindangkerta, Bandung Barat


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, namun kini di beragam belahan bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga resistan penyakit & hama.

Adapun ciri khas paling kentara yaitu tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah memahami dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyajikan beragam variasi kopi Arabica.
Kendati demikian, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi risalah dalam blog Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Sindangkerta, Bandung Barat, semoga berguna.

0 comments