Jenis Kopi Yang Beredar Di Indonesia – Kios Mesin Coffee Maker Di Dawuan, Subang

Jenis Kopi Yang Beredar Di Indonesia – Kios Mesin Coffee Maker Di Dawuan, Subang


Jenis Kopi Yang Beredar Di Indonesia – Kios Mesin Coffee Maker Di Dawuan, Subang - Meski makin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, namun tidak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesederhana itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, area perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walau pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja umpamanya, menyandang aroma serta citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di Indonesia serta digunakan di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah kalian semua pernah mengerti kekhasan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai struktur batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan pun hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Beredar Di Indonesia – Kios Mesin Coffee Maker Di Dawuan, Subang


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi kini di berbagai bagian bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di setiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan penyakit & hama.

Adapun keunikan paling kentara yaitu peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengetahui serta merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi informasi di blog Jenis Kopi Yang Beredar Di Indonesia – Kios Mesin Coffee Maker Di Dawuan, Subang, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments