Jenis Minuman Kopi Dan Cara Membuatnya – Toko Pembuat Kopi di Lhoong, Aceh Besar

Jenis Minuman Kopi Dan Cara Membuatnya – Toko Pembuat Kopi di Lhoong, Aceh Besar


Jenis Minuman Kopi Dan Cara Membuatnya – Toko Pembuat Kopi di Lhoong, Aceh Besar - Biar kian berlimpah penikmat kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, tetapi tak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, dimulai dari varietasnya, area ditanamna, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, meski berjenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja umpamanya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di Indonesia dan dipakai di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah kamu semua telah mengetahui ke-khas-an dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai wujud batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran harganya pun lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Minuman Kopi Dan Cara Membuatnya – Toko Pembuat Kopi di Lhoong, Aceh Besar


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun saat ini di beragam belahan bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa istimewa, berbeda di setiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga resistan penyakit & hama.

Adapun ciri khusus setidaknya eksplisit yaitu taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, namun sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, perihal ini karena ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pula beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengetahui dan merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak kafe yang menyediakan beraneka varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah membaca informasi dalam blog Jenis Minuman Kopi Dan Cara Membuatnya – Toko Pembuat Kopi di Lhoong, Aceh Besar, semoga bermanfaat.

0 comments